Daftar Negara Terkorup Di Dunia



Menurut data Indeks Persepsi Korupsi dari Internasional Transparansi, beberapa negara di dunia memiliki tingkat korupsi yang tinggi. Internasional Transparansi membuat daftar beberapa negara terkorup di dunia sepanjang 2011. Berikut 5 peringkat terkorup, seperti dilansir laman therichest.org:
1. Korea Utara dan Somalia
Korea Utara menjadi negara terkorup sepanjang 2011. Korupsi dan juga konflik mewarnai keadaan negara ini pada 2011 lalu. Selain itu, Somalia juga dinilai sebagai negara terkorup sepanjang 2011. Somalia sendiri menjadi negara terkorup sejak lima tahun lalu. Ketidakefektifan pemerintahan pusat sejak 1991, konflik, dan kecenderungan berfraksi membuat negara ini menjadi negara yang terkorupsi.
2. Myanmar dan Afganishtan
Myanmar dan Afganishtan berada pada posisi kedua dalam negara terkorup kedua di dunia. Internasional Transparansi menilai bahwa ketidakpastian pemerintah dan seringnya konflik dalam tubuh pemerintahan menjadi salah satu pemicu terjadinya korupsi di negara ini.
3. Uzbekistan, Turkmenistan, dan Sudan
Ketiga negara ini menjadi negara yang paling korup di posisi ketiga. Sama halnya dengan Sudan, satelit Uzbekistan dan Turkmenistan ini dikontrol oleh pemerintah yang otoritarian.
4. Irak
Irak masuk ke dalam Indeks Persepsi Korupsi ketika perang Irak berlangsung.  Irak menjadi negara terkorup karena rezim sebelumnya yang dipimpin Saddam Husein dan meningkat selama tiga tahun terakhir akiban keadaan negara yang tidak menentu.
5. Guinea Ekuator
Guinea Ekuator memiliki deposit minyak lepas pantai yang luas sejak ditemukan pada awal 1990an. Sayangnya, keadaan negara makin kacau akibat kroni dari presiden Theodoro Obiang Nguema Mbasogo. (ajijah)
sumber: http://bisnis-jabar.com


Responses

0 Respones to "Daftar Negara Terkorup Di Dunia"

Posting Komentar

 

widged online

Total Tayangan Halaman

Yahoo Masseger

Return to top of page Copyright © 2010 | Platinum Theme Converted into Blogger Template by HackTutors